2012 - 2013 Blog Terbaru, Berbagi File Gratis, Free Download Anti Virus Terbaru & Update Gratis, Free Download Animasi Gratis, Free Download Mp3 Gratis, Free Download Vidio Gratis, Free Download Game Gratis, Free Download Aplikasi Gratis, Tips and Trik Gratis, Tips dan Trik Internet, Free Informasi Program data - data Laptop,CPU,Komputer,NoteBook,HP, Info - info menarik, Cara Buat Blog dll

+++++ WELCOME IN MY BLOG ADAMS KUROSAKI ::: SILAHKAN MELIHAT-LIHAT POSTINGAN SAYA ::: JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA ::: JANGAN LUPA KLIK IKLAN SUPAYA BLOG INI TERUS MAJU ::: NOT SPAM!!!! ::: NOT SARA!!! ++++

24 April 2012

Setting PCSX2 Di Laptop Yang Minim Kapasitasnya


pcsx2

beberapa pertanyaan yang sering terlontar di forum diskusi yang berkenaan dengan emulator. kecenderungan seseorang bertanya kira2 pc/laptop-nya kuat jalanin pcsx2 atau kenapa pcsx2 berat banget (ga full speed) meski bisa jalanin game2 pc yang berat. atau satu lagi pertanyaan yang sering muncul, mengenai bagaimana mempercepat pcsx2.
ada sesuatu yang perlu dipahami terlebih dahulu, game2 ps2 yang berjalan di pc menggunakan pcsx2, tidak berjalan secara native pada pc. aplikasi2 tersebut berjalan diatas emulator, sebuah aplikasi lain yang diprogram / dibuat untuk menirukan fungsi2/instruksi hardware playstation 2 yang asli. hal ini menjadi berat karena ps2 tidak sama dengan pc, emulator harus menirukan semua komponen ps2 yang ngga sederhana dan menjalankan aplikasi ps2 diatasnya. sekedar 1+1 bagi PS2, bisa jadi proses yang lebih panjang untuk pc biasa diatas emulator. olh karena itu kebutuhan sumber daya untuk emulasi cukuplah besar. terutama jika komponen yang diemulasikan makin banyak dan kompleks. terutama untuk ps2 dan pcsx2, masa2 awal oengembangan emulator dengan kurangnya dokumentasi hardware membuat emulasi ps2 menjadi lebih sulit daripada seharusnya.
makin akurat emulasi (makin mirip aslinya) tentu makin berat kerja pc. hal ini hampir mustahil untuk konsol sekelas ps2 dengan hardware pc yang ada sekarang, sehingga emulasi tidak lagi hanya sekedar dokumentasi hardware tapi juga ditambahkan dengan optimasi2 dengan mengandalkan harrdware PC. patch2 atau hack yang daat meningkatkan kecepatan emulasi juga digunakan. hingga sekarang, setelah rilis versi 0.9.8, pcsx2 sudah termasuk matang untuk bisa memainkan ribuan koleksi game2 ps2, dengan tingkat kompabilitas cukup tinggi dan performa yang bisa diterima, kalo kamu punya pc yang cukup kuat untuk itu.
kmbali ke pembahasan pertama, bagaimana bisa tahu hardware kita cukup kuat atau ngga menggunakan pcsx2 untuk bermain game PS2. atau, jika terasa lambat apakah masih bisa ditingkatkan, dan sejauh mana kapasitas hardware kita digunakan.
tim pcsx2 dalam forum resminya telah memberikan gambaran kasar hardware yang dibutuhkan untuk menggunakan emulator ini, sleengkapnya dapat dibaca di “Will PCSX2 run fast on my computer?”. tapi terkadang masih ada yang ragu mengenai pc sendiri yang mungkin tidak ditulis disitu. sebenarnya kita dapat melakukan investigasi sendiri dengan cara menjalankan pcsx2 dan mengamati statistik yang ditampilkan pada titlebar pcsx2.
Capture6
pada gambar disamping (klik untuk membuka ukuran asli), jika diperhatikan pada title bar terdapat keterangan angka yang menunjukkan persentase beban hardware ps2 yang diemulasikan oleh pcsx2. EE atau emotion engine yang merupakan cpu utama dari ps2 dan GS atau graphic syhthesizer yang merupakan prosesor grafik ps2. angka-angak tersebut menunjukkan beban yang sedang dikerjakan oleh kedua hardware virtual pcsx2.jika kurang dari 100% makan beban ee/gs virtual tidaklah terlalu besar. jika mendekati atau mencapai 100%, hal ini berarti bahwa EE dan GS pcsx2 mencapai titik beban maksimal dan ini merupakan indikasi bahwa hardware pc udah tidak mampu untuk mengeluarkan performa lebih dari yang telah ditampilkan.
lalu apakah ini berarti kalo pc udah divonis ga bisa maen ? belum tentu. keterangan diatas hanya untuk memperjelas status load saja. dengan menggunakan informasi ini, kita bisa mencoba untuk melakukan pengaturan pada konfigurasi pcsx2 atau menggunakan hack yang dapat meningkatkan performa sesuai sasaran.
emotion engine ps2 sepenuhnya diemulasikan di cpu, jika load mencapai 100%, hal ini mengindikasikan bahwa cpu sudah tidak kuat untuuk mengatasi beban pcsx2. kita dapat melakukan pengaturan yang berkenaan dengan konfigurasi emulasi. langkah pertama dalah dengan mengaktifkan speedhack. sebagai langkah awal, cukup aktifkan opsi “enable speedhacks”, sebagai opsi default akan ada 2 opsi speedhack yang cukup aman (tidak terlalu mengurangi kompabilitas emulasi) dan direkomendasikan oleh tim pcsx2. biarkan pada opsi ini dan lakukan pengujian kembali, jika masi dirasa kurang barulah bisa ditambahkan dengan mengubah EE cyclerate (downclock emotion engine, karena clock EE yang harus diemulasi lebih rendah, jadi cpu lebih ringan beban. game yang ga butuh EE ps2 asli hingga 100% bisa jalan lebih kenceng) dan VU cycle stealing. perlu diingat bahwa hack2 ini mengrangi kompabilitas karena perilaku tidak sama dengan mesin asli ps2, sehingga memperbesar kemungkinan game tidak berjalan atau bermsalah jika dimainkan. jadi hanya ubah opsi seperlunya. jika semua opsi sudah dinyalakan dan masih lambat, perlu dipertimbangkan kalo pc kamu memang tidak kuat untuk proses emulasi pcsx2. perlu diingat, game yang berbeda memberikan beban yang berbeda juag terhadap hardware, sehingga hasil akan bervariasi.
.Capture8
Capture7informasi yang kedua adalah load GS atau graphic syhthesizer. GS diatur melalui plugin, berdasarkan pengaturan kamu, hal ini dapat dipengaruhi dari vga (jika di set ke hardware) atau cpu (jika di set ke software). jika memiliki vga yang bagus disarankan untuk di set pada mode hardware agar dapat memanfaatkan vga. tapi jika tidak memiliki vga yang mendukung, bisa menggunakan software mode yang akan melimpahkan beban GS ke cpu. pcsx2 hanya menggunakan 2 thread, 1 untuk cpu dan 1 untuk GS, sehingga untuk prosesor multicore sftware rendering tidak akan mengganggu core yang mengerjakan thread emotion engine :) *mulai versi 0.9.8 ditambahkan 1 thread extra untuk user interface, untuk tujuan kestabilan.
pcsx2 memungkinkan untuk melakukan rendering dengan mengubah resolusi internal game ps2, sehingga dapat meningkatkan kualitas visual. tetapi hal ini dapat menimbulkan error / glitch, dan yang pasti adalah meningkatkan kebutuhan sumberdaya untuk thread GS. untuk pengguna vga onboard (intel, terutama laptop), sebaiknya menggunakan rendering pada resolusi asli game ps2. untuk pengguna lain dapat menyesuaikan dengan resolusi desktop mereka atau menggunakan scaling resolusi (2x,3x) dari resolusi asli.
satu kelebihan bagi pengguna yang menginginkan software renderer (cenderung lebih akurat dan lebih minim error). gsdx dapat mengalokasikan lebih dari 1 thread untuk GS. jadi kalo kamu punya prosesor 8 core, bisa aja di set menjadi 7 sehingga semua core dialokasikan untuk pcsx2 (1 untuk EE, 7 untuk GS).
sepertinya cukup sampai disini aja dulu deh, semoga tulisan ini berguna. dan selamat bermain ;)
ffxpcsx2JPG
pcsx2 rilis 0.9.8 stable dapat didownload melalui site resmi pcsx2.net

0 komentar:

Posting Komentar