2012 - 2013 Blog Terbaru, Berbagi File Gratis, Free Download Anti Virus Terbaru & Update Gratis, Free Download Animasi Gratis, Free Download Mp3 Gratis, Free Download Vidio Gratis, Free Download Game Gratis, Free Download Aplikasi Gratis, Tips and Trik Gratis, Tips dan Trik Internet, Free Informasi Program data - data Laptop,CPU,Komputer,NoteBook,HP, Info - info menarik, Cara Buat Blog dll

+++++ WELCOME IN MY BLOG ADAMS KUROSAKI ::: SILAHKAN MELIHAT-LIHAT POSTINGAN SAYA ::: JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA ::: JANGAN LUPA KLIK IKLAN SUPAYA BLOG INI TERUS MAJU ::: NOT SPAM!!!! ::: NOT SARA!!! ++++

22 Maret 2012

Cara Booting Komputer dari Bootable CD atau DVD

Cara Booting Komputer Dari Bootable CD atau DVD -  Artikel ini saya tulis berdasarkan keluhan visitor yang ingin menginstall ulang windows tetapi tidak bisa boot dari CD ROM. Menurut beliau CD Boot sudah dimasukkan tetapi komputer selalu boot langsung dari hard disk drive. Kebetulan beliau adalah kelas pemula yang ingin belajarreparasi komputer. Sebetulnya masalah ini sederhana karena komputer tersebut diset untuk boot dari hard disk drive bukan dari CD ROM. Artinya perlu dilakukan perubahan kecil pada setting BIOS komputer.
Ikuti Cara mudah Booting dari CD atau DVD:
  1. Start komputer Anda, lalu tekan tombol untuk mengakses BIOS (ini relatif pada setiap pabrikan mainboard, ada yang menggunakan tombol F1, F1, DELETE. Pada umumnya mainboard Asus menggunakan tombol DELETE untuk mengakses BIOS). Tetapi mainboard lain sering menggunakan F1 atau juga F2.
  2. Setelah masuk BIOS, cari Primary First Boot (istilah ini juga ada kalanya beda sesuai mainboard). Dari Primary First Boot atur first boot dari CD atau DVD, bukan hard disk. Beberapa komputer sudah dikonfigurasi dengan cara ini secara langsung, tetapi banyak juga yang tidak.
  3. Simpan pengaturan no.2 diatas lalu silakan keluar dari BIOS. Masukkan bootable CD atau DVD dalam drive CD Anda.
  4. Restart komputer Anda.
  5. Tekan sembarang tombol ketika muncul pesan [Press any key to boot from CD or DVD... ] untuk boot dari CD atau DVD.
  6. Jika sampai pada point no.5 diatas Anda tidak melakukan apa pun, komputer Anda akan memeriksa untuk informasi boot pada perangkat boot berikutnya dalam daftar di BIOS dan biasanya komputer akan mencari hard disk untuk boot. Ada juga beberapa CD dan DVD bootable mengabaikan permintaan pada no.5 dan akan segera mulai instalasi.
  7. Setelah langkah no.5 di atas, komputer Anda sekarang akan boot dari CD atau DVD disk.
Jika sudah Anda mencoba langkah-langkah di atas tetapi komputer Anda tidak bisa boot dari CD atau DVD dengan benar, maka cermati dengan baik beberapa tips di bawah ini;
  1. Periksa kembali urutan boot di BIOS (Langkah 2 diatas). Saya telah menemukan bahwa nomor satu alasan bootable disk tidak akan boot adalah karena BIOS tidak dikonfigurasi untuk memeriksa CD / DVD drive pertama. Biasa juga sudah dikonfigurasi tetapi tidak disimpan (save).
  2. Apakah Anda memiliki lebih dari satu CD atau DVD drive? Coba masukkan CD atau DVD bootable pada drive CD lain dan restart komputer Anda. Ini untuk menjaga kemungkinan bahwa CD atau DVD drive yang satu pembacaannya sudah tidak valid lagi karena sudah berumur tua.
  3. Bersihkan CD atau DVD boot. Jika disk sudah tua, biasanya akan kotor/berdebu sehingga susah dibaca isinya.
  4. Jika boot sudah berjalan normal maka silakan lanjutkan proses instalasi dan nantinya akan ada 2 pilihan untuk Anda yaitu clean instalasi (instalasi total) dan repair windows.
Mudah-mudahan dengan artikel ini teman saya tadi masalahnya bisa diselesaikan. Untuk instalasi ulang dan repair windows akan dibahas pada artikel yang akan datang.

0 komentar:

Poskan Komentar