2012 - 2013 Blog Terbaru, Berbagi File Gratis, Free Download Anti Virus Terbaru & Update Gratis, Free Download Animasi Gratis, Free Download Mp3 Gratis, Free Download Vidio Gratis, Free Download Game Gratis, Free Download Aplikasi Gratis, Tips and Trik Gratis, Tips dan Trik Internet, Free Informasi Program data - data Laptop,CPU,Komputer,NoteBook,HP, Info - info menarik, Cara Buat Blog dll

+++++ WELCOME IN MY BLOG ADAMS KUROSAKI ::: SILAHKAN MELIHAT-LIHAT POSTINGAN SAYA ::: JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA ::: JANGAN LUPA KLIK IKLAN SUPAYA BLOG INI TERUS MAJU ::: NOT SPAM!!!! ::: NOT SARA!!! ++++

18 Februari 2012

Cara Menulis di Wikipedia


Pada latihan ini kita akan mencoba menulis sebuah informasi atau pengetahuan di Wiki.
Kita sebaiknya tidak menggunakan Wikipedia untuk keperluan ini, karena kita masih dalam taraf belajar untuk menulis di Wiki.
Untuk keperluan ini kita akan menggunakan INetWiki yang berada pada alamat http://wiki.detikinet.com yang merupakan salah satu kontribusi DetikINet (http://www.detikinet.com) kepada masyarakat IT Indonesia.

Mari kita menulis tentang hal menarik di sekeliling kita.
Untuk keperluan menulis ini, cobalah memperhatikan di-sekeliling kita. Apa saja yang menarik dari sekitar kita ...?
Mungkin bisa saja berupa kehidupan tukang ngamen di jalanan, tukang sate yang lewat di depan rumah kita pada malam hari, atau toko yang menjual mainan yoyo yang tidak jauh dari rumah kita, tukang cukur rambut yang mencukur rambut kita pada setiap bulan, atau mungkin angkot yang biasa kita pakai ke sekolah setiap hari.
Tentunya hal yang menarik tidak harus berupa manusia, tapi dapat juga tentang anjing kita, binatang peliharaan kita, atau bunga atau tanaman dan masih banyak lagi.

Coba perhatikan mereka, coba tanyakan pada mereka akan usaha yang mereka lakukan.
Gali aktifitas yang menarik yang mereka lakukan, dan tulis dari kisah menarik mereka dalam beberapa paragraf di situs InetWikihttp://wiki.detikinet.com



Setelah observasi dilakukan dan kita siap untuk menulis di Wiki, kita perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk dapat menulis di-InetWIki.
Langkah sederhana tersebut adalah,

  1. Terlebih dulu, kita harus login ke InetWiki pada pada menu login yang ada di ujung kanan atas dari halaman muka InetWiki sehingga menampilkan Gambar 6.7.
  2. Setelah kita sukses login ke InetWik, biasanya akan di tampilkan tulisan "Login successful".
  3. Selanjutnya, klik halaman utama "Main Page".



Untuk memulai menulis artikel di Wiki, cara yang paling sederhana adalah,
  1. Ketik judul artikel yang kita ingin tulis di bagian Search, misalnya: "Angkot di Kota Kembang". 
    Kemudian tekan tombol Go seperti pada yang di-tampilkan di Gambar 6.7.
  2. Biasanya akan muncul pemberitahuan minimal ada dua (2) kemungkinan yang akan di berikan oleh InetWiki.
    Jika judul tersebut belum ada, maka biasanya akan diberitahukan dengan kalimat yang bunyinya "There is no page titled "Judul Artikel Anda". You can create this page."
    Kita dapat mengklik "create this page" untuk mulai menulis, seperti di-perlihatkan pada Gambar 6.8.
  3. Jika ternyata sudah ada judul yang anda masukan, maka biasanya kita akan langsung masuk ke artikel tersebut.
    Jika ada kata yang kita masukan di search terdapat dalam beberapa artikel, maka akan diberitahukan di artikel mana saja kata tersebut berada.
    Kita dapat memilih artikel yang akan kita edit atau kita baca dari pilihan yang ada.



Gambar 6.8, adalah hasil dari pencarian yang menunjukan bahwa artikel belum ada, dan kita dapat membuat artikel tersebut.
  1. Setelah di klik "Create this page", maka InetWiki akan secara automatis memberikan menu untuk memulai menulis artikel yang ingin kita buat.
  2. Pada menu pembuatan tulisan, ada beberapa menu pembantu untuk memformat dan mempercantik tulisan, seperti: membuat huruf besar, huruf bold, menambahkan alamat Web, memasukan gambar dsb. 
    Bagi kita yang masih pemula, mungkin tidak terlalu penting untuk membuat tulisan yang cantik, yang lebih penting adalah isi tulisan perlu baik.
  3. Setelah seluruh tulisan selesai di tulis, kita dapat "scroll" layar ke-bawah. Di bagian paling bawah dari fasilitas menulis artikel ini terdapat tombol "Save Page".
    Tekan tombol "Save Page" untuk menyimpan artikel yang kita tulis di InetWiki.'

Selesai sudah semua proses penulisan artikel di Wiki. Sepertinya, cukup Mudah bukan ...?

0 komentar:

Posting Komentar