2012 - 2013 Blog Terbaru, Berbagi File Gratis, Free Download Anti Virus Terbaru & Update Gratis, Free Download Animasi Gratis, Free Download Mp3 Gratis, Free Download Vidio Gratis, Free Download Game Gratis, Free Download Aplikasi Gratis, Tips and Trik Gratis, Tips dan Trik Internet, Free Informasi Program data - data Laptop,CPU,Komputer,NoteBook,HP, Info - info menarik, Cara Buat Blog dll

+++++ WELCOME IN MY BLOG ADAMS KUROSAKI ::: SILAHKAN MELIHAT-LIHAT POSTINGAN SAYA ::: JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA ::: JANGAN LUPA KLIK IKLAN SUPAYA BLOG INI TERUS MAJU ::: NOT SPAM!!!! ::: NOT SARA!!! ++++

27 Februari 2012

Cara Mempercepat Booting Windows 7

Adakah dari Anda yang sering mengalami proses booting yang lama pada OS Windows 7. Saya pernah ngalami hal itu, dan saya ingin membagi sedikit tips cara mempercepat proses booting pada OS Windows 7. Langkah-langkahnya tidak jauh beda dengan di OS Windows Vista.

Defragment boot file secara otomatis
Pastikan boot file terdefragment secara otomatis, sehingga proses start akan semakin cepat. Caranya :
1. Akses registry editor
2. Di kotak start search ketikan run enter terus ketikan regedit, lalu enter.
3. Cari key dibawah ini :
HKEY_LOCAL_MACHINE | Software | Microsoft | Dfrg | BootOptimizeFunction
4. Perhatikan panel sebelah kanan yang terdapat key OptimizeComplete
5. Double klik key tersebut dan rubah value datanya menjadi Yes.
6. Tutup registry editor dan restart komputer.


Memodifikasi boot manager dan menonaktifkan boot screen
Untuk anda yang memakai sistem dual boot atau dua sistem operasi, dapat mengatur waktu tunggu yang defaultnya 30 detik menjadi lebih singkat dengan cara :
1. Klik Start menu
2. Klik run lalu Ketikan msconfig pada search bar, lalu tekan enter
3. Klik tab boot lalu di bagian boot options ubah nilai pengaturan timeout dalam satuan detik sesuai dengan selera anda, waktu minimalnya 3 detik.
4. Masih tetap di msconfig, lanjutkan dengan menonaktifkan tampilan boot screen, hal ini dapat mempercepat proses startup hampir seperempatnya dari pengaturan standar. Caranya yaitu : Dibagian boot options beri tanda checklist pada pilihan no GUI boot.


Menonaktifkan program yang berjalan pada saat startup
Caranya :
1. Kembali ke menu msconfig, lalu beralih ke tab startup
2. Kemudian uncheck pada program-program yang tidak penting. Seperti contoh : menonaktifkan Adobe Acrobat dan Groove Monitor Utility dan hanya menyisakan beberapa program penting. Namun bila anda menginstall banyak program pada sistem, maka daftar inipun akan semakin banyak. Kuncinya adalah setiap program pihak ketiga seperti Adobe photoshop, Corel draw, Google update dan lain-lain tidak perlu di load pada saat startup.
3. Setelah selesai tutup menu msconfig dan restart komputer.


Menonaktifkan driver yang tidak digunakan
Beban terberat windows 7 saat booting adalah meload driver hardware atau komponen yang terpakai maupun yang tidak terpakai pada PC. Misalnya Ports (COM & LPT), bluetooth dan lain-lain. Jika komputer atau laptop tidak memiliki komponen tersebut sebaiknya nonaktifkan drivernya dengan cara :
1. Klik start menu
2. Ketikan devmgmt.msc pada search bar, lalu tekan enter
3. Di jendela device manager carilah komponen atau hardware yang tidak terdapat pada PC atau laptop anda kemudian nonaktifkan drivernya. Sebagai contoh opsikom tidak menggunakan bluetooth. Dengan cara:
- Expand bluetooth
- Klik kanan pada generic dan microsoft bluetooth, pilih disable
- Lakukan hal yang sama terhadap driver yang tidak terdapat komponennya pada komputer. Jika warning dialog muncul, klik yes dan restart komputer.


Singkirkan font yang tidak digunakan
Cara untuk menyingkirkan atau mem-backup font yang tidak digunakan :
1. Buat folder baru di partisi D: dan beri nama backup font misalnya.
2. Pindahkan font yang tidak dipakai di folder C:/Windows/fonts ke folder backup font yang anda buat tadi dengan cara cut. Dengan menyingkirkan font yang tidak digunakan, dapat memangkas waktu tunggu windows 7. Karena sistem tidak harus meload seluruh jenis font yang terdapat di folder C:/Windows/fonts tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar